Mahasiswa KKN UMUS 2023 Melakukan Kegiatan Mengajar di MTs Al Falah Desa Cihaur

  • Aug 12, 2023
  • MUQOYIM FITRI

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengamalan ilmu, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral.

Ada berbagai macam jenis KKN. Diantaranya adalah KKN Reguler dan KKN Tematik.

Pada program KKN Tematik, tak hanya berfokus pada Pengabdian Masyarakat tetapi juga melakukan praktik belajar mengajar di sekolah. Seperti yang dilakukan para Mahasiswa KKN UMUS UMUS 2023.


Sebanyak 23 mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi Brebes melaksanakan KKN di Kecamatan Banjarharjo Desa Cihaur.

Satu diantara mahasiswa nya, yaitu Alif Sufrayit memberikan Program mengajar di MTs Al Falah Desa Cihaur sebagai sarana mengenal lingkungan sekolah yang ada di kecamatan Banjarharjo.

Mahasiswa KKN mengajar di kelas 9 Mts Al falah/Dokpri 

Alif Sufrayit memaparkan, pada hari pertama pembelajaran, ia mengajar pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang diberikan yaitu Menyunting Teks/Deskripsi.

      
"Setelah pembelajaran berlangsung, para siswa sudah mulai mengetahui dan memahami sedikit demi sedikit mi materi Menyunting Teks/naskah. Tentunya dapat menunjang apabila nantinya menulis atau mengerjakan tugas makalah dan karya tulis ilmiah," kata Alif Sufrayit.

Setelah dijelaskan, beberapa siswa MTs Al Falah Cihaur mulai berlatih menyunting naskah.

Kepala Madrasah , S.Pd.,M.Pd mengapresiasi program mengajar mahasiswa KKN UMUS tersebut. "Tak hanya pengabdian masyarakat, tetapi mahasiswa KKN juga telah mentransfer ilmu pengetahuan yang mereka miliki kepada peserta didik kita. Terima kasih atas bimbingan dan arahannya," katanya.